_MG_7902

LP2M IAIN PALANGKA RAYA MENYELANGARAKAN SOSIALISAI YANG MENCAKUP TIGA HAL YAITU : PENELITIAN, PENERBITAN DAN PENGABDIAN

Palangka Raya (25/02) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M ) IAIN Palangka Raya menyelenggarakan sosialisai yang mencakup tiga hal yaitu : penelitian, penerbitan dan pengabdian masyarkat. Hal ini merupakan bagian dari langkah penting dalam merealisasikan tri dharma perguruan tinggi dan mendorong para dosen untuk melakukan kegiatan ketiga hal tersebut..

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 25 februari 2016 bertempat di kampus IAIN Palngka Raya, peserta kegiatan ini terdiri dari Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Ketua lembaga dan kepala unit di lingkungan IAIN Palangka Raya. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kegiatan penelitian, penerbitan dan pengabdian tahun anggaran 2016. Dari kegiatan ini menurut ketua LP2M diharapkan mampu mendorong lahirnya produk penelitian, pengabdian dan penerbitan yang berkualitas dan gool akhirnya dapat terpublish_MG_7908 dalam jurnal terakreditasi Nasional maupun internasional.

Dalam konteks penelitian Tahun 2016, maka ada bebrapa kategori penelitian yang akan dilakukan yakni penelitian internasional, Penelitian Nasional, Penelitian Institusi, Penelitian berdasarkan konsorsium/hombes dosen, penelitian gender dan penelitian berdasarkan golongan ruang.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M ) IAIN Palangka Raya juga membagikan buku Petunjuk Teknis Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian sebagai acuan bagi para dosen dan untuk mempermudah dalam tekhnik pelaksanaan. Secara lebih spesifik kegiatan penelitian bertujuan:

  1. Memberikan kesempatan kepada para dosen dan mahasiswa IAIN dalam peningkatan keilmuan yang dimiliki.
  2. Memberikan kesempatan kepada para dosen secara kolektif dalam mengembangkan penelitian berdasarkan konsorsium dosen.
  3. Memperoleh produk penelitian yang bermutu, berbasis kompetitif dan kontributif bagi penguatan dan pengembangan lembaga Iain ke depan.
  4. Mendapatkan formulasi penelitian yang baik sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan institut dalam menyusun kebijakan penguatan dan pengembangan IAIN   ke depan.
  5. Menghimpun dan mensosialisasikan hasil penelitian yang berkualitas melalui proses kompetitif yang terbuka sesuai dengan standar ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun dari kegiatan penerbitan diharapkan :

  1. Mendorong kegiatan publikasi dan diseminasi hasil karya pemikiran dosen IAIN Palangka Raya.
  2. Membantu mahasiswa dan para dosen dalam memperoleh dan memenuhi referensi dan buku ajar yang diperlukan.
  3. Sebagai metode sosialisasi ilmu pengetahuan yang dihasilkan para dosen dan mahasiswa.
  4. Sebagai bagian dari karya pengabdian dosen kepada masyarakat.
  5. Mengenalkan IAIN Palangka Raya kepada masyarakat luar.

Sedangkan dari kegiatan pengabdian dosen diharapkan :

  1. Mempercepat upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan melalui pendidikan dan penyuluhan.
  2. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat kearah terciptanya masyarakat yang dinamis, kreatif,agamis dan siap untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi guna menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan nilai-nilai sosial dan nilai agama.
  3. Mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi, mengubah potensi yang dimiliki menjadi kekuatan yang dapat dapat diberdayakan untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
  4. Mensosialisasikan keberadaan IAIN Palangka Raya ditengah-tengah masyarakat.
  5. Pengabdian kepada masyarakat juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembanguna dibidang fisik dan mental spiritual.
  6. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membangun daerah masing-masing.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *