Lp2M : 02-09-2020. Menulis merupakan kegiatan  yang teramat berat, berat, dan berat, terkadang membosankan  sudah didepan Laptop mau menulis terasa malas datang menghampiri selalu ada  saja ada halangan  itulah tantangannya. Menulis  merupakan  sebuah  tantangan tersendiri pada setiap orang apalagi yang berhubungan tulisan yang bersifat ilmiah. Mahasiswa, Dosen atau siapapun yang mau  menulis diperlukan sebuah keseriusan, intinya adalah serius terhadap apa yang akan mau kita tulis. Banyak tema, banyak masalah dalam keseharian yang  bisa jadikan tema  dalam tulisan, namun tantanngannya adalah  mampukah kita  merealisasikan masalah tersebut dalam bentuk tulisan.

Jika  anda menulis, maka tulislah jangan diedit, jangan ragu, jangan takut salah, karena kalau anda belum memulai saja sudah takut salah, maka gagasan, ide serta pemikiran kritis anda tidak  bisa berkembang . Itulah penggalan  pengantar dari Pemateri Dr. Ngainun Naim, M.Ag ( Ketua LP2M ) IAIN Tulung Agung Jawa Timur  sebelum memulai pemaparan materinya dalam acara ” Kelas menulis Oneline” yang digagas oleh Lembagan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LP2M)  IAIN Palangka Raya.

Kelas menulis oneline yang diikuti oleh perwakilan Mahasiswa KKN DRSK, Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL )  membahas tentang  : kunci-kunci penting dalam menulis, menulis itu mudah, Bingung mau menulis apa, dan beberapa materi yang cukup menarik  lainnya. Pertanyaan dari salah satu mahasiswa adalah bagaimana tips menulis  yang baik?. Dengan gayanya yang khas Ngainun menjelaskan  ” saya juga sering menulis di buku tulis sedikit demi sedikit setelah cukup saya ketik atau diketikk oleh staf, begitulah kiata harus menulis setiap hari, meskipun hanya satu paragraf itulah jalan utama untuk mejadi penulis. Teori menulis itu penting, tapi tumpukan  teori tanpa praktik bisa membuat  kita menjadi  orang kritis terhadap karya orang lain, meskipun kita sendiri tidak memiliki karya tulis, demikian papar  Dr. Ngainun Naim. Mengutip pendapat Prof.Dr. Kontowijoyo, Dr. Ngainun  mengatakan bahwa kunci menulis sukses itu ada 6 (enam) M yaitu : Pertama menulis, Kedua menulis, Ketiga  menulis, Keempat menulis, Kelima menulis, dan Keenam menulis.

Dalam sambutannya Ketua LP2M IAIN Palangka Raya Ajahari, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Dr. Ngainun Naim, M.Ag ( Ketua LP2M ) IAIN Tulung Agung Jawa Timur yang sudah bersedia menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut. Diharapkan  kepada seluruh Mahasiswa agar setelah selesai KKN ini  bisa mempraktekan langsung  dari apa yang sudah didapat dari pembelajaran Kelas menulis Oneline ini demikian harapnya. Acara yang di pandu Hj. Puspita, M,Si ( Kasubbag LP2M) juga dihadiri  oleh  seluruh anggota BP KKN. (Mrd/JFU LP2M).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *