Kuliah kerja Nyata ( KKN ) merupakan salah mata kuliah  yang  wajib diikuti seluruh mahasiswa IAIN Palangkaraya dengan bobot 4 SKS. Kegiatan KKN-DRSK ini diikuti oleh mahasiswa yang telah menempuh minimal 120 sampai dengan 125 SKS (berada minimla pada semester 6 dan atau 7). Jika pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan KKN dengan menempatkan mahasiswa pada daerah pedesan yang tersebar diseluurh wilayah Kalimantan Tengah, maka sangat berbeda dengan KKN tahun ini, dimana mahasiswa melakukan KKN dari rumah dan sekitar kampus. Kebijakan ini merupakan kebijakan nasional yang dilakukan pada PTKIN seluruh Indonesia sebagai upaya untuk menekan dan memutus penyebaran covid-19 yang sedang melanda Indonesia termasuk Kalimantan Tengah.

Kegiatan KK-DRSK ini diawali dengan orientasi kepada Dosen Pembimbing Lapangan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Juni 2020 yang lalu. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan terhadap mahasiswa KKN secara virtual. Kegiatan pembekalan dilaksanakan pada Rabu kemarin 17 Januari 2020. Kegiatan pembekalan secara virtual dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Palangka Raya dan di hadiri oleh para Wakil Rektor, DPL, BP-KKN dan mahasiswa peserta KKN.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan apresiasi terhadap LP2M dan BP-KKN yang sudah mempersiapkan dan merencanakan KKN-DRSK dengan baik. Kepada mahasiswa KKN Rektor menekankan empat hal kepada mahasiswa KKN yakni pertama agar mahasiswa membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan covid-19, melakukan edukasi dan menjadi contoh dalam mengimplementasikan pencegahan penyebaran covid-19, kedua, melakukan penangkalan penyebaran paham radikal, ketiga, melakukan edukasi pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan.

Pada kesempatan yang sama Ketua LP2M, Ajahari, M.Ag menjelaskan bahwa model KKN-DRSK merupakan keijakan secara Nasional pada PTKIN se Indonesia  termasuk IAIN Paangka Raya. Selain melakukan KKN Dari Rumah, setiap mahasiswa peserta KKN wajib untuk menyampaikan laporan kegiatan setiap hari secara on line dengan mengisi form pada aplikasi yang sudah disiapkan oleh BP-KKN.

Peserta KKN-DRSk diikuti oleh 828 mahasiswa terdiri dari 290 laki-laki dan 530 perempuan yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Adab dan Dakwah. KKN DRSK Angkatan XXXIII rencananya dimulai tanggal 10 Juli s/d 20 Agustus 2020, dilanjutkan KKN di Kampus IAIN Palangka Raya dan tanggal 20 s/d 30 Agustus  dan KKN di institusi pendidikan dan institusi keagamaan dan lembaga ekonomi  pada tanggal 1-10 September 2020. Secara teknis kegiatan mahasiswa KKN dilapangan meliputi:

  1. KKN DR kegiatannya antara lain :
  • Menjadi relawan covid-19,
  • Melakukan edukasi terhadap masyarakat dengan memanfaatkan media social
  • Pemanfaatn ICT
  • Karya tulis berupa jurnal atau buku
  1. KKN-SK dilakukan secara berkelompok, dengan melakukan penataan di dalam lingkungan kampus IAIN Palangkarayan seperti penanaman Bunga  dan pohon, pembuatan taman, melakukan pengabdian secara kolektif pada Lembaga Pendidikan, hokum, Keuangan  dan social keagamaan   demikian disampaikan  sekretaris BP KKN-DRSK  Abdul Azis, M.Ag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *