Pada umumnya setiap Perguruan Tinggi, seperti juga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, memiliki tiga fungsi yang tertuang dalam Tridarma, yaitu  Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada tahun 2016 ini Kelompok Dosen IAIN Palangka Raya kembali melanjutkan pengabdian masyarakat, seperti pada tahun 2015 yang lalu yaitu di desa Tahawa dan desa Parahangan Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau.

Ibu Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag dan Bapak Ajahari, M.Ag menyampaikan Materi di Masjid Al Husna Desa Tahawa
Ibu Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag dan Bapak Ajahari, M.Ag menyampaikan Materi di Masjid Al Husna Desa Tahawa

Pada tahun 2016 ini Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) menurunkan 15 orang dosen, demikian di sampaikan oleh Bapak Ajahari, M.Ag ketika memberikan sambutan pembukaan pengabdian masyarakat tahun 2016 di Masjid Al Husna yang terletak di Bukit Galagah Desa Tahawa.

Adapun ke lima belas dosen yang ikut pengabdian masyarakat di desa Tahawa dan desa Parahan tersebut adalah: Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd, Dr. H. Normuslim, M.Ag, Drs. H. Abd. Rahman, M.Ag, Dr. H. Jirhanuddin, M.Ag, Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag, Dra. Hj. Siti Rahmah, M.Si, Drs. H. Sofyan  Sori, M.Ag, Dr. H. Sardimi, M.Ag, Ajahari, M.Ag, Abdul Azis, M.Pd, Dr. Hj. Zainap Hartati, M.Ag, Yuliani Khalfiah, M.Pd.I, Dr. Desi Erawati, M.Ag, Abdul Khair, SH., MH dan Tri Hidayati, S.HI., MH.

Ditempat terpisah yaitu di Masjid Al-Hijrah desa Parahangan, bapak  Abdul Khair, SH, MH ketika pembukaan pengabdian masyarakat menyampaikan bahwa pada tahun

Sebagian peserta yang hadir kegiatan Pengabdian Masyarakat
Sebagian peserta yang hadir kegiatan Pengabdian Masyarakat

2016 ini IAIN Palangka Raya kembali mengadakan pengabdian masyarakat di desa ini dan materi yang akan disampaikan ditingkatkan. Pada tahun dahulu yaitu tahun 2015 materinya adalah tentang thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji, sedangkan pada tahun tahun 2016 ini materinya adalah Shalat Qasar dan Shalat Jamak, Tata Pergaulan dengan Non Muslim, Dosa-dosa besar, Hal-hal yang merusak iman, Ghibah dan bahayanya, Bahaya Miras dan Narkoba, membimbing orang yang sakit payah, dan Prosesi Penyelenggaraan Jenazah.

Masyarakat kedua desa ini sangat menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta pengajian yang hadir dan antusias mereka dalam bertanya ketika diadakan dialog atau  tanya jawab.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 4 Maret 2016 sampai dengan 6 Mei 2016, jadi ada 10 minggu, sedangkan format kegiatan adalah setiap hari jum’at yang dimulai dari shalat jum’at dilanjutkan dengan tausiyah, acara berakhir pada pukul 15.00 wib.

Bapak Husin selaku pengurus masjid Al Husna Desa Tahawa mengatakan bahwa kegiatan ini telah memotivasi masyarakat untuk rajin ke masjid dan menghadiri pengajian.

Bapak Abdul Khair, MH dan Dra. Hj. ST. Rahmah, M.SI menyampaikan Materi bertempat di Masjid Al-Hijrah Desa Parahangan
Bapak Abdul Khair, MH dan Dra. Hj. ST. Rahmah, M.SI menyampaikan Materi bertempat di Masjid Al-Hijrah Desa Parahangan

Sebelum adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini masjid sangat sepi dan jama’ah jum’at sangat sedikit, tapi sekarang jama’ah penuh. Disamping itu juga sekarang  sudah terbentuk kelompok yasinan ibu-ibu, sehingga keberadaan keagamaan semakin meriah, papar bapak husin.

Memang beberapa warga masyarakat sangat berharap agar kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selamanya, jangan Cuma 10 kali pertemuan.

Penjelasan dari bapak Abdul Khair, MH selaku Kepala Pengabdian Masyarakat IAIN Palangka Raya: “sebenarnya kegiatan ini hanya untuk memotivasi warga masyarakat dalam memakmurkan masjid dan belajar ilmu-ilmu agama Islam”. Disamping itu juga LP2M memiliki dana terbatas, jadi kegiatan ini harus dibatasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *