ROADMAP HUMA JURNAL ITAH MENGINTERNASIONALISASI JURNAL-JURNAL IAIN PALANGKA RAYA

IAIN Palangka Raya, Jum’at 26 Januari 2024. Silaturahmi Rumah Jurnal Itah, Kegiatan perdana Rumah Jurnal LP2M IAIN Palangka Raya yang mempererat dan menyatukan para pengelola 24 jurnal di IAIN Palangka Raya, bertempat di ruang rapat LP2M IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini adalah langkah awal untuk menyambung silaturrahmi akademik dalam pengelolaan Jurnal menuju akreditasi nasional (sinta) dan internasional (scopus).

Luqman Baehaqi. Ph.D, Ketua LP2M IAIN Palangka Raya membuka kegiatan silaturahmi ini dengan memaparkan roadmap rumah jurnal dalam rangka mendampingi para pengeola jurnal-jurnal IAIN Palangka Raya menuju   akreditasi nasional (sinta) dan internasional (scopus). Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan pertama Rumah Jurnal ini (Silaturrahmi) bertujuan untuk menyambung kedekatan para pengelola jurnal yang telah berpengalaman dengan para pengelola pemula. Menginternasionalisasi Jurnal bukan perjalanan yang instan. Persiapan bisa menahun dan menguras energi serta pikiran. Besar harapan dengan silaturrahmi ini menjadi sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman antar pengelola Jurnal di IAIN Palangka Raya.

Kegiatan berlanjut dengan  pemaparan terkait jurnal IAIN Palangka Raya oleh Sabarudin Ahmad, S.Sy.,M.H, Kapuslit LP2M Palangka Raya. Beliau memaparkan bahwa saat ini IAIN Palangka Raya telah memiliki 24 jurnal. Jumlah jurnal tersebut adalah hasil dari peningkatan jumlah jurnal dari tahun ke tahun. Dari 24 Jurnal tersebut satu jurnal sudah terakreditasi Internasional (scopus indexed / sinta 1) El-Mashlahah, beberapa jurnal telah memperoleh sinta 2; JEFL, Al-Ta’rib, sinta 3; JSAM, Edu-Sains, NALAR, Sinta 4; Transformatif, JPSP , sinta 5; Al-Qardh, Al-Mudarris dan beberapa jurnal baru yang akan mengajukan akreditasi dan reakreditasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapuslit LP2M IAIN Palangka Raya juga menyampaikan beberapa program kerja yang secara umum terbagi menjadi dua yakni; 1. Peningkatan kualitas jurnal, 2. Peningkatan kuantitas Jurnal.

Peningkatan Kualitas Jurnal, Kapuslit LP2M IAIN Palangka Raya merencanakan lima program rumah jurnal dalam mendampingi pengelola jurnal yakni: (1) Resiliensi siber; upaya bertahan dari serangan siber, mengatasi dampaknya, dan pulih dengan cepat setelah terjadinya insiden keamanan pada jurnal, (2) Pendampingan Tata Kelola OJS; kegiatan ini untuk memfasilitasi bagi para pengelola pemula pada jurnal baru, (3) Pendampingan  akreditasi Sinta bagi jurnal yang baru melakukan akreditasi atau yang akan melakukan reakreditasi, (4) Pendampingan akreditasi International (Indexed Scopus / Sinta 1), kegiatan ini untuk mewadahi saling berbagi pengalaman Pengelola Jurnal berpengalaman dalam memberikan strategi dan arahan bagi jurnal-jurnal yang telah memperoleh peringkat sinta 2,3,4, dan 5 menuju akreditasi internasional (indexed scopus / sinta 1) sedangkan program ke (5) Workshop Pengelolaan Jurnal. Adapun dalam Peningkatan Kuantitas Jurnal, Rumah Jurnal menargetkan Setiap prodi diupayakan minimal memiliki dan mengelola satu jurnal yang sesuai bidang keilmuan masing-masing prodinya.

Setelah Pemaparan tersebut, Kegiatan berlanjut dengan berbagi pengalaman oleh para editor jurnal, mereka saling berbagi pengalaman dan pemahaman terkait pengelolaan OJS bagi pemula, proses reviewer, mencari penulis, mencari reviewer nasional dan internasional, proses publikasi, proses akreditasi serta kordinator daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Tengah. (c.p.a)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X