EVALUASI MODEL BAHASA BERITA DI WEBSITE LP2M IAIN PALANGKA RAYA

Palangkaraya. Rabu, 24 Januari 2024. Dalam upaya meningkatkan kualitas berita dan informasi di website LP2M IAIN Palangka Raya yang berorientasi dalam pemenuhan bukti-bukti instrument Borang oleh Lembaga Akreditasi, baik LAMDIK, LAMEMBA dan BAN-PT. LP2M IAIN Palangka Raya mengundang Kepala LPM, Dr. Muhammad Nasir, M.Pd beserta Kapus Audit dan Pengendalian Mutu LPM, Nur Inayah, M.Pd (Pemateri) dalam upaya mengevaluasi dan membahas Model Penulisan Berita Website LP2M IAIN Palangka Raya.

Luqman Baehaqi, Ph.D, Ketua LP2M  IAIN Palangka Raya membuka kegiatan rapat dan menyampaikan pentingnya peran website LP2M dalam memberikan bukti-bukti  berupa berita-berita kegiatan penelitian dan pengabdian yang telah dilaksanakan, oleh sebab itu, perlunya adanya kesesuaian berita-berita yang telah terpublikasi mengacu pada keperluan Borang Akreditasi.

Kegiatan ini berlanjut dengan pemaparan dan evaluasi penulisan berita dan informasi pada website LP2M IAIN Palangka Raya oleh Nur Inayah, M.Pd, Kapus Audit dan Pengendalian Mutu LPM (Pemateri). Dalam paparannya, beliau menyampaikan secara umum hal-hal yang perlu diberitakan,yakni:

  1. Kebijakan/Pedoman/juknis/roadmap (telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti)
  2. Pelaksanaan Monev penelitian dan PkM
  3. Produk hasil penelitian dan PkM (dalam pembelajaran dan pemanfaatan di masyarakat)

Adapun pembahasan secara terperinci, Pemateri menyampaikan beberapa poin penting berita dan komponen informasi sebagai berikut:

A. Keperluan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

  • Tersedianya informasi Rencana Strategis Penelitian dan PkM yang memuat landasan pengembangan, peta jalan penelitian dan PkM, sumber daya (termasuk alokasi dana penelitian internal), sasaran program strategis dan indikator kinerja, serta berorientasi pada daya saing internasional.
  • Tersedianya informasi pedoman penelitian dan PkM dan bukti sosialisasinya kepada stakeholder
  • Berita pelaksanaan proses penelitian dan PkM yang mencakup (tatacara penilaian dan review, legalitas pengangkatan reviewer, hasil penilaian usul penelitian,l egalitas penugasan peneliti/kerjasama peneliti-pengabdi, berita acara hasil monitoring dan evaluasi, serta dokumentasi output penelitian dan PkM
  • Informasi kelompok pelaksana PkM yang fungsional yang ditunjukkan dengan: bukti legal keberaan kelompok PkM serti bukti produk PkM yang berdaya saing nasional dan menyelesaikan permasalahan di masyarakat
  • Informasi rata-rata dana penelitian dan PkM pertahun
  • Informasi persentase total dana penelitian dan PkM terhadap dana total PT

B. Keperluan Akreditasi LAMDIK

Berita dan Informasi pada Website LP2M hendaknya memuat beberapa informasi terkait Kebijakan penelitian dan PkM yang mana didalamnya membahas Pedoman penelitian, pengabdian, Luaran, Renstra LP2M, Roadmap (telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti)

C. Keperluan Akreditasi BAN-PT

Pemberitaan dan Informasi dalam website mencakup informasi: (1) Penelitian yang terdiri dari Roadmap, Evaluasi kesesuaian roadmap dengan penelitian dosen, Hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi, Pelibatan mahasiswa dalam penelitian,  (2) Pengabdian yang terdiri dari Roadmap, Evaluasi kesesuaian roadmap dengan PkM dosen, Hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi, Pelibatan mahasiswa dalam PkM, dan (3) Luaran berupa publikasi hasil penelitian dan PkM dosen dan mahasiswa.

D. Keperluan Akreditasi LAMEMBA

Pemberitaan dan informasi dalam website memuat informasi: (1) Kontribusi hasil penelitian dan PkM dalam pengembangan pengajaran dan ilmu pengetahuan, (2) Penelitian, meliputi;Pedoman penelitian, Roadmap disesuaikan dengan visi-misi dan isu-isu ekonomi dan bisnis, Pelaksanaan penelitian, Pendanaan, Diseminasi pada pertemuan ilmiah nasional/internasional Publikasi, Pengabdian (3) Pengabdian, meliputi; Pedoman penelitian, Roadmap disesuaikan dengan visi-misi dan isu-isu ekonomi dan bisnis, Pelaksanaan PkM, Pendanaan, Diseminasi pada pertemuan ilmiah nasional/internasional, Publikasi, dan (4) Luaran, meliputi;Pedoman penelitian dan PkM, Konstribusi intelektual hasil penelitian dan pengabdian, Evaluasi proses penelitian dan PkM dan Pedoman yang mengatur konstribusi haisl luaran penelitian dan PkM untuk pengembangan ilmu pengetahuan, praktik dan profesional

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Muhammad Nasir, M.Pd, Ketua LPM IAIN Palangka Raya, turut memberikan dukungan dan apresiasi atas upaya tersebut dalam penyajian pemberitaan dan informasi website LP2M IAIN Palangka Raya yang berorientasi pada keperluan Borang Akreditasi.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif dan pengetahuan bagi pengelola website LP2M IAIN Palangka Raya dalam menyajikan berita dan informasi sesuai dengan keperluan Borang Akreditasi pada AIPT, LAMDIK, LAMEMBA dan BAN-PT.(yun.red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X