LP2m FGD

lp2m/iainpalangkaraya : Diwaktu dan tempat yang beda LP2M IAIN Palangka Raya pada Kamis 5 Oktober 2023 LP2M mengundang para Dosen Psikolog yang ada di Kampus IAIN yang digagas Kapus PSGA ibu Ridha Nirmalasari,S.Si,M.kes diruang rapat LP2M menindak lanjuti kegiatan Sosialisasi PMA No 73 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan seksual (PPKS) di lingkungan Pendidikan Agama serta harapan Rektor IAIN sebgai outcame/manfaat & maslahatnya bersama seorang Aktivis Gender sekaligus perumus PMA No 73 tahun 2022 yakni ibu Dosen IAIN Metro Lampung Dr.Mufliha Wijayati,M.A bertempat diruang rapat LP2M.

Kegaiatan ini berupa Focus Group Discussion (FGD) Dr. Muslihah, bu Arini.bu Ari,Pa Dr. Taufiq,Kapus PSGA serta Sekjen LP2M mester luqman Baehaqi,Ph.D yang dipimpin oleh ibu Dr.Mufliha Wijayati,M.A selama 3 jam tanya jawab,saling memberikan saran masukan terhadap keharusan adanya sebuah lembaga/Satgas PPKS dikampus Perguruan Tinggi Keagamaan dengan memperhatiakn laju arus tehnologi informasi/Medsos sertanaiknya secara data dari pemerintah /maraknya praktek kekerasan seksual disekitar kehidupan kita termasuk PTK ,sehingga bisa kami sampaikan hasil rekomendasi FGD sebagai berikut :

  1. Mendesak perlunya pembentukan Unit Layanan Terpadu (ULT) atau Satgas penanganan Kekerasan Seksual melalui SK Rektor IAIN Palangka Raya
  2. Dengan adanya ULT PPKS Kampus memilikin sistem 3 P : Priventif/pencegahan,Penanganan dan Penindakan.Priventif bisa dilakukan dalam rangka menghilangkan berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya dan terulangnya KS.
  3. Dengan adanya Pengelola ULT/ Pengelola dapat melakukan inventaris,dokumentasi kasus hingga bisa terdata dan laporan tahunan.
  4. Perlunya reorganisasi Pusat Studi Gender dan Anak untuk dapat mengakomodasi keberadaan ULT PPKS sebelum ditetapkannya Organisasi Tata Kelola yang baru.Hal ini menipis tudingan minimnya dampak strategis
  5. PSGA IAIN Palangka Raya dalam arah pengembangan Lembaga IAIN Palangka Raya ,hingga PSGA tidak sekedar hanya sebagai Even Organizer kegiatan rutin tahunan.

Semoga saja hasil FGD akan terwujud hingga membawa manfaat dan maslahat masyarakat kampus IAIN Palangka dan masyarakat Kalimantan Tengah agar tercipta kenyamanan,damai dan bahagia. (red.yun)

#PPKS# psgaiainpalangkaraya #iainpalangkaraya

#iainmetrolampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X